MANFAAT PISANG, DARI BUAH HINGGA BATANG

Written by .

Sahabat Rinjani, sudah pernah liat pohon pisang belum? Pasti pernah dong, buah yang satu ini, bisa tumbuh hampir di semua tempat loh. Makanya, buah pisang termasuk buah popular di Indonesia. Mulai dari pedesaan, hingga lingkungan perkotaan. Cara mengonsumsinya yang gampang, dan rasanya yang enak, membuat banyak orang menyukai buah yang kadang diidentikan dengan hewan monyet ini.

Tapi, sobat rinjani tau nggak sih? Ternyata hampir semua bagian dari pohon pisang dari buah hingga batang, bisa dimanfaatkan. Mulai dari batangnya, daun, jantung pisang, buah, hingga kulit buah pisang itu sendiri! Berikut adalah manfaat dari pisang beserta bagian-bagiannya yang wajib kamu ketahui.

1.     Buah Pisang

Manfaat pertama yang jelas dapat dilihat dalah dari buah pisang itu sendiri. Selain dapat dikonsumsi langsung, buah pisang dapat dibuat menjadi berbagai olahan pada makanan. Manfaat lainnya yang penting dari buah pisang adalah kandungan mineral dan juga vitaminnya yang tinggi. Buah pisang diketahui memiliki kandungan manfaat kalsium, fosfor, manfaat vitamin A, manfaat vitamin C, Vitamin D dan potasium serta masih banyak lagi vitamin dan juga mineral yang terkandung dalam buah pisang keseluruhan. Vitamin dan juga mineral pada buah pisang ini mampu untuk membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan mineral dan vitamin setiap hari. Kandungan potassium pada pisang juga mampu membuatmu bertahan dari rasa lapar.

2.     Jantung Pisang

Jantung pisang seringkali juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan makanan. Salah satunya adalah tumis jantung pisang, dengan rasa yang lezat dan juga nikmat.

3.     Daun Pisang

Semua orang pasti sudah mengetahui manfaat dari daun pisang yang satu ini. Ya, sejak jaman dahulu kala, daun pisang merupakan primadona dalam hal membungkus makanan. Dengan struktur daunnya yang kuat dan berserat, serta memiliki wangi yang khas, membuat daun pisang menjadi salah satu jenis daun pembungkus yang paing banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain sebagai pembungkus makanan, daun pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai campuran dari suatu makanan agar aromanya lebih menyedapkan.

4.     Batang Pisang

Beberapa masyarakat Indonesia juga sering memanfaatkan batang atau gedebong pisang sebagai salah satu bahan utama dari suatu masakan. Mungkin memang agak jarang dilakukan, namun demikian, ternyata sayur dari gedebong pisang ini memiliki rasa yang cukup menarik juga untuk dicoba. Selain itu, Batang pisang sangat rendah akan glikemik indek, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes karena tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang tinggi. Kandungan kalium dan vitamin di dalam batang pohon pisang juga mampu mengobati penyakit infeksi saluran kemih sekaligus mencegah gejalanya. Selain mampu menurunkan tingkat keasaman dalam perut, minum jus dari batang pohon pisang baik untuk meningkatkan pergerakan usus, membantu membersihkan seluruh sistem di dalam tubuh dan membuat perut selalu terasa kenyang.

5.     Kulit Pisang

Pernah nggak sih berpikir kalo ternyata kulit pisang bisa dimanfaatkan? Faktanya menurut penelitian kulit pisang mengandung mineral. Apalagi dengan tren sekarang mengolah kulit pisang dengan cara dikeringkan lalu diolah menjadi teh.  Banyak banget manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi teh buah pisang. Hadirnya lutein di dalam kulit pisang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Selain itu teh kulit pisang ini juga bisa mencegah gangguan mata tertentu seperti katarak serta mampu mempertajam penglihatan. Terus bagi kamu yang menderita insomnia, cobalah untuk minum teh kulit pisang yang terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur kamu. Dan menurut beberapa penelitian, minum teh pisang secara teratur membantu mencegah depresi.

Nah, itu tadi adalah sebagian hal yang bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan bagian-bagian dari pohon pisang. Dengan pohonnya yang dapat kamu jumpai di hampir semua tempat, tentu ini merupakan hal yang nggak kamu sia-siakan. So, tunggu apalagi, segera cari pohon pisang terdekat di daerahmu! 

Last update: Jan 19, 2019

Minyak Rinjani

Admin Minyak Rinjani

Comments

Tinggalkan komentar

Tinggalkan balasan

Newsletter

Mau info terupdate tentang parenting, promo dan kuis terbaru dari Minyak Rinjani?